Tips Kerja Produktif ala Dani Ginanjar (Bagian 1 — Manajemen Shortcut Aplikasi)

Dani Ginanjar
3 min readSep 6, 2021

--

Tips Kerja Produktif ala Dani Ginanjar

Saya selalu senang dengan sesuatu yang rapi, entah ini penyakit atau bukan, saya akui terlalu terobsesi kerapihan juga kadang membuat kita menjadi perfeksionis, hahaha. Tapi dalam hal ini saya ingin membagikan sisi positif dari sebuah kerapihan, yakni yang saya rasakan adalah bisa membuat mood kita bagus dalam bekerja, dan sudah barang tentu, harusnya jika mood kita bagus, akan meningkatkan produktifitas kita dalam bekerja.

Pada kesempatan kali ini yang mau saya bahas adalah tentang manajemen shortcut aplikasi di komputer, dalam hal ini kita bahas khusus di sistem operasi Windows ya.

Manajemen Shortcut Aplikasi

Biasanya saya menggunakan third party Winstep Nexus sebagai tools manajemen shortcut, tapi sejak menggunakan windows 10, saya berfikir untuk memanfaatkan fasilitas yang ada yakni menggunakan start menu.

Secara default, kurang lebih tampilan awal start menu anda akan seperti ini:

Tampilan default start menu windows

Dan akan kita buat menjadi seperti ini:

Modifikasi Tampilan start menu windows

Tampilan seperti ini bertujuan untuk menyingkirkan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan, atau shortcut-shortcut yang tidak diperlukan. Jadi mari kita mulai!

Bersihkan semua shortcut yang ada di kolom sebelah kanan

Silahkan bersihkan terlebih dahulu shortcut-shortcut yang ada di kolom sebelah kanan dengan cara:

  1. Klik kanan pada shortcut/icon aplikasi
  2. Klik Unpin from start
Cara Unpin Shortcut dari Start Menu

Pin shortcut aplikasi yang diperlukan

Setelah kita membersihkan shortcut-shortcut yang tidak diperlukan, sekarang saatnya untuk menambahkan shortcut-shortcut yang diperlukan yang biasa kita pakai untuk kerja. Cara menambahkannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Search aplikasi yang anda mau pin, saya biasanya search di start menu, misalnya saya ketik kata kunci sticky untuk sticky notes. saya lebih suka cara seperti ini karna lebih simple ketimbang mencari aplikasi dengan cara scrolling. Selain itu, dengan cara ini juga bagus untuk melatih jari-jari kita dalam mengetik dan melatih otak kita untuk mengingat kata kunci sebuah aplikasi. Namun, jika anda tidak terbiasa mencari aplikasi dengan mengetik, anda bisa cari manual dengan cara scrolling di kolom sebelah kiri start menu.
  2. klik kanan lalau Pin to Start
Cara Pin Shortct ke Start Menu

Atur Ukuran Shortcut jadi small

Setelah kita pin shortcut, maka shortcut akan muncul di kolom sebelah kanan start menu, berikutnya kita akan buat ukuran shortcut-nya menjadi small. Step ini ditujukan untuk membuat ukuran shortcut menjadi seragam, agar terlihat lebih rapi. Langkah-langkah untuk mengubah ukuran shortcut menjadi small adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan di shortcut yang sudah muncul di kolom sebelah kanan start menu
  2. Klik resize, lalu pilih Small
Cara Mengubah Ukuran Shortcut di Start Menu

Finishing

Setelah selesai dengan ukuran shortcut, langkah terakhir adalah merapikan shortcut-shortcut agar tersusun rapi. Caranya cukup anda drag/seret shortcut-shortcut tersebut sehingga posisinya menjadi seperti ini:

Menyusun Shortcut di Start Menu

Demikian tips kerja produktif dari saya, semoga bisa jadi referensi bagi anda. Semoga bermanfaat~

--

--